| dc.description.abstract | Permasalah sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini tidak
hanya bisa di tangani oleh pemerintah saja, namun sudah saatnya ada
sekelompok orang yang bersedia mengorbankan diri dan hartanya demi
membantu sesama (compassion). Mereka meyakini tentang konsep Abudance
Economic (Ekonomi Keberlimparuahan Sumber Daya) dan tidak lagi meyakini
Scarcity Economic (Ekonomi Kelangkaan Sumber Daya), karena semua itu bisa
diatasi jika kita mau melakukan yang namanya Social Inovation. Sehingga kita
berharap lambat laun permasalahan sosial yang ada akan berkurang, dan
akhirnya suatu bangsa bisa menjadi mandiri dan tidak bergantung lagi dengan
bangsa lain, selain pemerintahnya juga harus terus membenahi diri terhadap
sistem-sistem pemeritahan yang telah di jalankan selama ini.
Untuk itulah dalam penelitihan ini PT. UMA Collection Indonesia, yang
bergerak di industri garmen sejak 15 tahun yang lalu, ingin ikut andil dalam
membangun bangsa ini dengan cara menciptakan “Business Social
Entrepreneurship” untuk mengatasi kemiskinan di salah satu daerah yang ada di
Surabaya dalam bentuk “Program CSR”. Adapun bentuk “Program CSR” yang
dilakukan adalah berupa memberikan “Pelatihan Entrepreneurship
(Kewirausahaan) kepada sekelompok anak-anak dari “SMK Panti Asuhan Al
Amal Surabaya”, berupa “Pelatihan (Training) Pameran Dagang (Trade Show)”
dan “Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik)” secara gratis. Dan tidak
hanya itu, perusahaan juga akan memberikan “Program Kemitraan” kepada
anak-anak SMK tersebut berupa memberikan produk (barang) secara konsinyasi,
yang bisa di pasarkan oleh mereka dan juga pendampingan saat mereka
memasarkannya lewat dua media dari training tersebut. Dari sini pula penilitihan
ini ingin membuktikan apakah dengan melakukan “Program CSR” tersebut dalam
bentuk “Training Pameran Dagang, Training Electronic Commerce, dan Program
Kemitraan”, secara tidak disengaja PT. UMA Collection Indonesia akan menjadi
dikenal oleh masyarakat karena memiliki “Citra Perusahaan”, yaitu perusahaan
yang memiliki Citra Kepedulian dan Tangung Jawab Sosial Kemasyarakatan.
Setelah dilakukan penelitihan ternyata hasilnya “Program CSR” yang
dilakukan oleh PT. UMA Collection Indonesia membuat “Citra Perusahaan”
tersebut menjadi lebih baik, walaupun masih ada beberapa kekurang dari
“Program CSR” yang dilakukan, sehingga menyebabkan ada satu variabel bebas
yang harus di delete karena jawaban responden bersifat heterogen. Selain itu
juga secara parsial ada satu varibel bebas yang tidak berpengaruh signifikan
terhadap variabel terikat, di salah satu model analisisis. Ini menyebabkan
kedepan diharapkan ada penelitihan selanjutnya yang dapat memperbaiki
kelemahan-kelemahan yang ada, terutama pada masalah jarang waktu antara
proses penelitihan sampai pada penulisan dari hasil penelitihan. | en_US |