PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP RENDANG KALIO DAN RENDANG KERING DI KOTA SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan perilaku Generasi
Z terhadap rendang kalio dan rendang kering di Kota Surabaya. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data
yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Populasi yang diterapkan dalam
penelitian ini adalah 11 orang informan yang merupakan Generasi Z. Peneliti
melakukan pengumpulan data dengan teknik wawancara dan mengolah data
dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menyatakan bahwa pertama, kualitas cita rasa yang baik dapat
membentuk persepsi dan perilaku Generasi Z untuk melakukan pembelian ulang
terhadap rendang kalio dan rendang kering. Kedua, faktor yang membentuk
persepsi terdiri dari internal dan eksternal, sedangkan faktor yang mempengaruhi
perilaku Generasi Z terdiri dari faktor sosial, budaya, psikologis dan personal.
