PREFERENSI DAN MINAT GENERASI MILENIAL TERHADAP KOPI TUBRUK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi dan minat generasi
milenial terhadap kopi tubruk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif deskriptif dengan pengecekan keabsahan menggunakan
triangulasi sumber data dengan melakukan wawancara terhadap enam orang
informan yang kemudian ditarik kesimpulan dari hasil wawancara. Data primer
didapat dari enam orang informan yaitu dua orang informan generasi X penikmat
kopi tubruk, tiga orang informan generasi Y penikmat kopi, dan seorang penjual
kopi yang berada di Surabaya Barat. Hasil yang didapat dari penelitian ini
menyatakan bahwa perkembangan teknologi dan media sosial menjadi faktor
utama yang mempengaruhi pilihan generasi milenial terhadap kopi tubruk dan
kopi non tubruk. Prefensi dan minat generasi milenial terhadap kopi tubruk dapat
meningkat tergantung dari kesan yang diberikan oleh kopi tubruk. Oleh karena itu,
promosi merupakan cara efektif agar kopi tubruk dapat bertahan dan pelan-pelan
menumbuhkan preferensi dan minat generasi milenial terhadap kopi tubruk.
