PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DEPOT BAMARA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas
makanan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Depot Bamara
Surabaya. Populasi yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu responden yang
pernah menikmati layanan dan mengkonsumsi makanan di Depot Bamara
Surabaya, sedangkan sampel yang diteliti adalah 100 pengunjung Depot Bamara
Surabaya agar didapatkan hasil penelitian yang bersifat objektif serta mampu
menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode pembagian angket atau kuesioner yang
menggunakan instrument skala Likert. Variabel penelitian yang digunakan penulis
yaitu variabel kualitas makanan dan kualitas layanan sebagai variabel bebas serta
variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Selanjutnya, penulis
mengolah data hasil penelitian menggunakan software SPSS untuk memperoleh
kesimpulan yang signifikan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan
pengujian hipotesis yang telah dihitung dapat disimpulkan hasil penelitian ini yaitu
kualitas makanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas layanan
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.