PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MOTOLITE CENTER SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh marketing mix terhadap
keputusan pembelian pada Motolite Center Surabaya. Variabel yang diteliti yaitu
product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), process (X6), dan
physical evidence (X7). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi linear berganda. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen
yang melakukan pembelian pada Motolite Center Surabaya dengan sample
sebanyak 110 responden yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling.
Hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa hanya
variabel place (X3) yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian. Sedangkan variabel product (X1), price (X2), promotion (X4), people (X5),
process (X6), dan physical evidence (X7) tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian pada Motoltie Center Surabaya. Berdasarkan hasil
tersebut maka perusahaan perlu mempertahankan aspek-aspek yang telah dinilai
baik oleh konsumen dan meningkatkan aspek-aspek yang dirasa kurang baik.
Pada penelitian berikutnya dapat menambahkan variabel lainnya yang telah
digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya.
