SERVICES MARKETING MIX UMRAH PADA PT. TRIAAA
Abstract
Perusahaan PT. TRIAAA adalah sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang tour & travel umrah. PT. TRIAAA telah berdiri dari tahun 2012 hingga
sekarang dan ingin memperbaiki kondisi pelayanan pada perusahaan saat ini
dengan memakai variabel services marketing mix 7p. Pada penelitian ini memiliki
tujuan untuk menganalisa service marketing mix pada PT. TRIAAA. Pada
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan
wawancara terhadap narasumber sebagai informan. Terdapat empat narasumber
yang diwawancarai yaitu Ibu Elizabeth Leona pemilik TX Travel Kertajaya, Bapak
Haris ketua Depag Jombang, Bapak Agoestinus dosen ahli tour & travel dan
Bapak Sofyan pemilik Multazzam biro perjalanan umrah. Hasil dari penelitian ini
untuk program paket PT. TRIAAA akan di buat sesuai segmentasi, penentuan
harga dilakukan dengan dua cara pertama dengan menambahkan cost dengan
margin dan kedua membandingkan dengan kompetitor, dalam memilih lokasi
kantor harus ditentukan dari kriteria lokasi strategis, pemilihan media promosi
yang lagi trend adalah menggunakan media online dan untuk offline tetap harus
dijalankan, kinerja orang yang berkecimpung di bidang umrah harus memiliki
basic jiwa melayani dan empati, penampilan perusahaan dapat selalu terjaga
dari tampilan pelayanan yang diberikan, dirasakan serta dilihat oleh konsumen
dan proses yang harus dilakukan adalah tetap memakai stategi media online dan
offline untuk meningkatkan dan menjaga penjualan. Dan dapat disimpulkan
bahwa dengan dilakukannya penelitian ini menggunakan marketing mix 7p
dapat membantu memperbaiki PT. TRIAAA.