ANALISIS PENGARUH KEMASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI VARABEL INTERVENING (STUDI PADA SALVAGE SUPPLY CO.)
Abstract
Denim refresher merupakan produk refresher untuk perawatan denim yang tidak boleh
sering di cuci. Sejak Februari 2018, penjualan mengalami fluktuasi dari penurunan dan
kenaikan secara signifikan. Mempelajari faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
dapat menimbulkan gagasan mengenai strategi yang tepat agar penjualan maksimal dan
menjadi acuan bagi para pemasar untuk mengembangkan produk yang mereka miliki.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah 1) Untuk menguji pengaruh kemasan
produk terhadap keputusan pembelian konsumen Salvage Supply Co.? 2) Untuk menguji
pengaruh kemasan produk terhadap perilaku konsumen Salvage Supply Co.? 3) Untuk
menguji pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen Salvage
Supply Co.? Jenis penelitian ini adalah explanative research dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 200 pelanggan, sehingga
sampel yang digunakan sebanyak 40 pelanggan. Sedangkan metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner Analisis SPSS dengan Path Analysis dua model digunakan untuk
menganalisis penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Kemasan produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Salvage Supply Co.
Sehingga hipotesis pertama Kemasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian Salvage Supply Co. dapat diterima. 2) Kemasan produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen Salvage Supply Co.
Sehingga hipotesis kedua Kemasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
perilaku konsumen Salvage Supply Co. dapat diterima. 3) Perilaku konsumen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Salvage Supply Co. Sehingga
hipotesis ketiga perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian Salvage Supply Co dapat diterima.
