PENGARUH PRODUCT, PRICE, DAN PROMOTION TERHADAP MINAT BELI PADA PERUSAHAAN CONVO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh product, price, dan
promotion terhadap minat beli pada perusahaan Convo. Variabel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah product (X1), price (X2), dan promotion (X3). Populasi
dari penelitian ini adalah sebanyak 888 orang yang telah men-download dan
melakukan registerasi pada aplikasi Convo, dari populasi ini diambil sampel
sebanyak 90 responden yang ditetapkan menggunakan teknik simple random
sampling.
Menggunakan metode analisis regresi linier berganda, didapati hasil
bahwa product (X1) dan price (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli
dengan tingkat signifikansi 0,435 (product) dan 0,213 (price) yang lebih besar dari
0,05 , sedangkan promotion (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat beli
dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa promotion sudah dilakukan dengan cukup baik namun masih terdapat
kekurangan pada product dan price.
