PERAN PEMILIK DALAM PENERAPAN BUDAYA ORGANISASI START-UP BUSINESS MAYSTER SURABAYA
Abstract
Mayster Surabaya merupakan jasa perawatan sepatu premium di Surabaya
dan yang pertama. Budaya organisasi dapat terlaksana dengan baik, apabila
pemilik mampu menjalankan fungsinya sesuai dengan perannya, artinya bahwa
peranan pemilik dapat mempengaruhi, menggerakkan dan mengarahkan
bawahan supaya perilaku anggota sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan
yang akan berdampak terbentuknya budaya organisasi. Pegawai Mayster dalam
melakukan kegiatannya berharap dapat melaksanakan produktivitasnya secara
efisien, sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Mengingat pentingnya
peranan pemilik dalam mengembangkan budaya organisasi yang diterapkan pada
Mayster. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pemilik dalam
penerapan budaya organisasi Start-up Business Mayster Surabaya. Pendekatan
kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk melakukan eksplorasi kepada
informan mengenai peran pemilik dalam penerapan budaya organisasi. Purposive
sampling dilakukan kepada dua pemilik dan dua pegawai Mayster yang
mempunyai kriteria tertentu, serta data dikumpulkan melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran pemilik dalam penerapan
budaya organisasi terletak pada keluhan konsumen, profesionalitas kerja
karyawan, training pegawai, controlling serta evaluasi kerja karyawan.