| dc.description.abstract | Visi Optikal merupakan perusahaan kacamata yang berdiri sejak tahun 1997
dan telah memiliki beberapa cabang dengan berbagai nama toko yang berbeda
disekitar Kota Surabaya dan Kota Malang. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bauran komunikasi pemasaran apakah yang menjadi preferensi konsumen
dalam membeli produk di Visi Optikal. Penelitian ini bertujuan mengetahui
preferensi konsumen terhadap bauran komunikasi pemasaran atau marketing
communication mix di Visi Optikal Surabaya yang dilakukan dengan menggunakan
metode kuantitatif. Preferensi tersebut diukur dengan lima kegiatan pemasaran
dalam bauran komunikasi pemasaran menurut Kotler dan Keller, yaitu advertising,
sales promotion, pemasaran langsung, hubungan masyarakat dan penjualan
personal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Visi Optikal berdomisili
Surabaya Barat, karena 85% pelanggan dari Visi Optikal bertempat tinggal daerah
Surabaya Barat. Seluruh jawaban dari survei kemudian diolah dengan cara
pembobotan untuk mendapatkan urutan preferensi konsumen. Maka dari itu, hasil
penelitian dapat menjadi pertimbangan untuk Visi Optikal dalam melakukan
pemasaran untuk mengembangkan keputusan pembelian konsumen. Hasil yang
menjadi preferensi konsumen di Visi Optikal dalam melakukan pembelian produk
yang paling utama adalah promosi penjualan seperti adanya kerjasama dengan
BPJS, diikuti dengan personal selling seperti demo produk dan pemberian garansi
selama satu tahun, pemasaran langsung seperti pemberian pembersih lensa secara
gratis, hubungan masyarakat yaitu pengadaan selfie-contest dan pemeriksaan mata
gratis, dan yang terakhir adalah periklanan yaitu endorsement dan sponsored. | en_US |