PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS DI UD ASIA MOTOR
Abstract
Pangsa pasar Industri Otomotif terbesar kedua di Indonesia diantara industri
lainnya. Transportasi merupakan kebutuhan terpenting dalam mobilitas yang
membantu kegiatan manusia, salah satunya mobil. Perkembangan teknologi
membuat terciptanya mobil yang memiliki fitur yang lengkap membuat nyaman
berkendara. Semakin banyaknya keluaran tipe mobil baru, gencar pula promosi
yang dilakukan akibatnya terciptanya mobil bekas yang dijual untuk mengganti
mobil keluaran terbaru. Menurunnya penjualan mobil baru serta melemahnya
perekonomian Indonesia membuat daya beli melemah. Peneliti melihat fenomena
pada UD Asia Motor yang meningkat tajam pada penjualan mobil bekas di tahun
2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix
(produk, harga, tempat dan promosi) terhadap keputusan pembelian mobil bekas
di UD Asia Motor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi
yang digunakan seluruh pembeli UD Asia Motor periode Januari hingga
Desember 2017. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah marketing
mix (produk, harga, tempat dan promosi) sebagai variabel bebas dan keputusan
pembelian sebagai variabel terikat. Data penelitian berupa data primer dengan
kuesioner dan data sekunder berupa arsip UD Asia Motor. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah rumus Slovin sebesar 88 responden. Metode
pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner dengan skala pengukuran
skala Likert. Analisis data yang digunakan untuk mengukur hipotesis akan diuji
menggunakan regresi linear sederhana yang dibantu dengan program SPSS 20 dan
hasil penelitian ini menunjukan bahwa marketing mix (produk, harga, tempat dan
promosi) berpengahruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
