BAURAN PEMASARAN PRODUK MAKANAN TING-TING CIE CIE
Abstract
Industri makanan memiliki peluang yang tinggi. Suatu perusahaan membutuhkan
bauran pemasaran sebagai alat untuk mencapai keberhasilan perusahaan. Ting-ting
Cie Cie adalah salah satu produk camilan tradisional yang sudah berdiri sejak tahun
1980 yaitu sekitar 39 tahun di Kota Malang. Berawal dari beberapa pemasaran yang
telah dilakukan perusahaan, dimana pemasaran tersebut dapat dilihat kurang
membuahkan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bauran
pemasaran yang diterapkan oleh produk makanan Ting-ting Cie Cie. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengambilan data in
depth interview untuk mengetahui bauran pemasaran produk yang diterapkan oleh
Ting-ting Cie Cie. Metode analisis data dengan menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni bauran
pemasaran yang diterapkan oleh produk Ting-ting Cie Cie yakni (1) product:
perusahaan Ting-ting Cie Cie harus menentukan positioning produk ingin dikenal
sebagai produk camilan atau produk oleh-oleh, keunggulan dari produk Ting-ting
terletak pada rasanya yang memiliki campuran gula merah, (2) price: harga dari
Ting-ting Cie Cie sudah sesuai dengan standarnya dan dapat dijangkau oleh semua
kalangan rendah hingga ke atas, (3) promotion: strategi pemasaran dari Ting-ting
Cie Cie sudah benar dengan melakukan B2B kepada distributor, masing-masing
distributor telah memainkan perannya dengan baik untuk melakukan promosi yakni
dengan peletakan Ting-ting yang mudah dijangkau oleh konsumen dan
menawarkan produk secara langsung kepada konsumen, (4) place: masing-masing
distributor per daerah tidak memiliki perbedaan dalam penjualan barang serta
penempatan barang.