PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VIVA COSMETICS
Abstract
Viva Cosmetics merupakan salah satu perusahaan kosmetik terkemuka di
Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1962. Permasalahan yang ada pada
penelitian ini adalah bahwa apakah celebrity endorser dan brand image di media
sosial Instagram Viva Cosmetics berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh celebrity
endorser dan brand image pada media sosial Instagram terhadap keputusan
pembelian produk Viva Cosmetics yang dilakukan dengan menggunakan metode
kuantitatif atau pembagian kuisioner sebagai pengumpulan data. Pengaruh tersebut
diukur dengan 4 karakteristik yang disebut model VisCAP, yaitu: visibility,
credibility, attractiveness dan power. Populasi dalam penelitian ini adalah followers
Instagram dari Viva Cosmetics yang berjumlah 52.300 pengikut dengan jumlah
sampel sebesar 397 sampel. Hasil akan didapatkan melalui data yang telah diolah
menggunakan program SPSS yaitu analisis regresi berganda. Hasil dari nilai
signifikansi dari celebrity endorser adalah 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05,
sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan celebrity
endorser secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
produk Viva Cosmetics. Hasil dari nilai signifikansi dari brand image adalah 0,006,
nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil dari
penelitian ini menunjukkan brand image secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian produk Viva Cosmetics. Hasil dari uji signifikansi
simultan sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari 0,05 yang berarti variabel bebas
(celebrity endorser dan brand image) memiliki pengaruh terhadap variabel terikat
(keputusan pembelian) yang menunjukkan bahwa celebrity endorser dan brand
image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Viva
Cosmetics.
