PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CV. SAGA SELARAS PRATAMA
Abstract
CV. Saga Selaras Pratama atau Toko Saga merupakan usaha di bidang
peralatan rumah tangga, alat tulis dan mainan anak-anak yang berdiri pada tahun
2004 dan berlokasi di Kota Malang. Menurut data yang didapatkan berdasarkan
google review, pelanggan mengeluh mengenai kualitas pelayanan dari CV. Saga
Selaras Pratama dan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 3,9 dari 5 yang
menandakan pelanggan puas terhadap CV. Saga Selaras Pratama. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pembagian kuesioner. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi
di CV. Saga Selaras Pratama. Populasi dari penelitian ini tidak diketahui karena
data perusahaan yang tidak pasti. Dalam penelitian ini menggunakan teknik
pengambilan sampel dengan metode nonprobabilitas dan menggunakan metode
sampling aksidental. Penelitian ini menggunakan sampel dari populasi tidak
diketahui dengan taraf kesalahan sebesar 10% sebesar 272 responden yang telah
melakukan transaksi di CV. Saga Selaras Pratama. Penelitian ini menggunakan
teknik analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis secara simultan (Uji F/
Uji Linieritas), rancangan pengujian hipotesis secara parsial (Uji t/ Uji
Keberartian Koefisien), uji koefisien determinasi (R2), uji asumsi klasik yang
terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji
heteroskedastisitas, uji linieritas serta validitas dan reliabilitas. Hasil dari
penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi CV. Saga Selaras
Pratama dalam melayani pelanggan dan mengutamakan kepuasan pelanggan
untuk menciptakan loyalitas pelanggan.
