ANALISIS HAMBATAN KOMUNIKASI ORGANISASI PADA DIVISI MARKETING PT INDRAPRASTA GRAHA UTAMA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui bagaimana hambatan komunikasi
organisasi di PT Indraprasta Graha Utama terjadi. PT Indraprasta Graha Utama
adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang real estate yang kantornya
terletak di Kabupaten Sidoarjo dan memiliki beberapa proyek di Sidoarjo,
Mojokerto, Bali, dan Gresik. Dalam perusahaan tersebut dirasa adanya hambatan
komunikasi organisasi yang terjadi dikarenakan beberapa program kerja yang sudah
dicanangkan tidak berjalan dengan semestinya sehingga membuat perusahaan tidak
stabil. Penelitian ini menggunakan tiga landasan teori yaitu komunikasi organisasi,
arus informasi, dan hambatan. Hambatan sendiri terdiri dari empat macam yaitu
hambatan fisik, hambatan fisiologi, hambatan psikologis, dan hambatan semantik.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif
kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang sebuah obyek
penelitian dengan dasar fakta-fakta yang terlihat dan dengan menggunakan pisau
analisis berupa studi kasus. Metode pegumpulan data yang digunakan ada dua,
yaitu, wawancara, dan studi dokumen. Wawancara dilakukan kepada 3 orang dari
dalam PT Indraprasta Graha Utama, yaitu Marketing officer, Marketing Manager,
Direktur dan 1 orang pakar korporat. Studi dokumen dilakukan pada arsip surat
menyurat antar divisi terutama yang bersangkutan dengan divisi marketing. Hasil
penelitian ini adalah hambatan komunikasi terjadi di PT Indraprasta Graha Utama
dalam tiga bentuk, hambatan semantik, hambatan akibat kualitas sumber daya
manusia, dan juga hambatan komunikasi organisasi yang diakibatkan wewenang
manajerial. Dengan adanya hambatan-hambatan tersebut diharapkan pimpinan
perusahaan dapat membuat kebijakan yang lebih mengacu kepada karyawannya,
menerapkan penggunaan bahasa yang lebih bisa diterima semua kalangan, dan
membuat matrik kebutuhan untuk perusahaan