Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Surya Mandiri Mapan Sejahtera
Abstract
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jasa Surya Mandiri Mapan Sejahtera
Tujuan dari penelitian inni adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible terhadap kepuasan pengguna jasa SMMS.
Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa SMMS. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling yang termasuk dalam jenis teknik pengambilan sampelprobabilitas. Ukuran sampel ditetapkan berjumlah 30 dengan menggunakan rumus Slovin. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan penguuna jas SMMS. Model analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda. Kuesioner yang disebarkan berjumlah 30 dan kuesioner yang kembali dan siap diolah berjumlah 30.
Hasil dari penelitian ini adalah reliability, rsponsiveness, assurance, empathy, dan tangible secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa SMMS, yang nilai signifikannya lebih kecil daripada nilai αyaitu 0,1, sedangkan yang berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pengguna jasa SMMS yaitu hanya empathy dan tangible. Empathy mempunyai pengaruh yang paling besar yaitu sebesar 0,291 terhadap kepuasan bila dibandingkan dengan empat variabel bebas yang lain.