Perancangan Brand Campaign dan Media Promosi untuk Madre Tiramisu
Abstract
Perancangan ini dilakukan dalam rangka pembuatan brand campaign dan media promosi bisnis Madre Tiramisu untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Madre Tiramisu adalah salah satu bisnis dalam bidang kuliner yang sedang berkembang di Surabaya. Produk dari bisnis ini adalah Tiramisu Baileys yang merupakan dessert box tiramisu homemade yang menggunakan produk beralkohol, yaitu Baileys dan Rum. Metode penelitian yang digunakan untuk penggalian data primer adalah wawancara narasumber expert dan extreme user dan kuesioner online. Metode penelitian yang digunakan untuk penggalian data sekunder adalah studi literatur artikel jurnal dan buku. Hasil dari penelitian ini kemudian dirumuskan menjadi sebuah solusi berupa rancangan brand campaign Madre Tiramisu dengan tema "Mia Madre" yang artinya adalah "ibu saya". Tema ini membahas mengenai pengalaman orang (konsumen) terhadap ibu mereka, bagimana kasih dan kehangatan seorang ibu, sebagaimana hal tersebut sama dengan karakteristik (brand promise) Madre Tiramisu yang adalah kasih dan kehangatan. Untuk meningkatkan brand awareness Madre Tiramisu, objektif dari brand campaign ini adalah menghasilkan electronic word of mouth (eWOM) dari konsumen dan audiens. Gaya desain yang digunakan dalam perancangan ini adalah art nouveau dengan kesan modern dan simplicity menggunakan warna hangat. Komunikasi brand campaign "Mia Madre" kepada target konsumen terdapat media above the line, media below the line, dan media e-marketing. Tahapan komunikasi brand campaign "Mia Madre" dilakukan secara online dan offline. Secara online, media yang digunakan adalah Instagram, untuk sosialisasi kampanye dan sosialisasi pop-up market, giveaway, dan Instagram Ads. Secara offline, media yang digunakan adalah packaging, greeting card, merchandise, dan pop-up market both.