Pengaruh Variasi Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Dakara
Abstract
Fashion merupakan kebutuhan primer untuk kehidupan manusia sehari hari untuk
melindungi bagian tubuh manusia. Namun seiring perkembangannya zaman,
fashion bersifat dapat menunjang dalam penampilan sehari-hari. Industri alas kaki
nasional telah mampu memasuki pasar global. Indonesia sepanjang tahun 2018,
industri alas kaki telah memproduksi sebesar 1,41 miliar sepatu dan memenuhi 4,6
persen kebutuhan alas kaki di dunia. Dengan berkembangnya industri alas kaki di
Indonesia, sehingga dapat menjadi peluang bagi perusahaan Dakara. Dakara
merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang fashion khususnya pada bidang
alas kaki yang berbahan dasar kulit. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Variasi produk dan Harga terhadap minat beli Dakara.
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Variasi produk dan Harga,
sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Minat beli.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online
dengan jumlah 110 responden yang berusia 18-28 tahun yang berdomisili di kota
Surabaya dan Denpasar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik purposive sampling dan rumus yang digunakan dalam menentukan
jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan Roscoe dengan skala Likert yang
kemudian diolah dengan menggunakan SPSS dan menggunakan metode Analisis
Linear Berganda. Hasil dari Uji t yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan
kesimpulan yang menyatakan bahwa Variasi Produk memiliki pengaruh terhadap
Minat beli Dakara dan Harga memiliki pengaruh terhadap Minat beli Dakara.