PENGARUH BIAYA POTONGAN PENJUALAN DAN BIAYA IKLAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PERUSAHAAN E-FORM
Abstract
Aktivitas promosi yang umumnya digunakan oleh suatu perusahaan adalah
dengan melakukan pemasangan iklan dan pemberian potongan harga atau yang
dikenal dengan potongan penjualan. Pemasangan iklan memiliki tujuan
memperkenalkan suatu produk kepada konsumen sehingga dapat menambah
konsumen baru, sedangkan pemberian potongan penjualan dilakukan untuk
merangsang konsumen untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh dari biaya potongan
penjualan dan biaya iklan terhadap hasil penjualan perusahaan E-Form. Variabel
yang digunakan adalah biaya potongan penjualan, biaya iklan, dan hasil penjualan
perusahaan E-Form. Populasi yang digunakan adalah laporan keuangan
perusahaan E-Form sejak April 2009, dengan sampel yang diambil menggunakan
metode judgement sampling adalah laporan keuangan bulanan perusahaan E-Form
periode April 2009 hingga April 2010 Data dianalisis dengan analisis regresi
linier berganda menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa biaya potongan penjualan dan biaya iklan berpengaruh signifikan secara
bersama-sama terhadap penjualan dengan koefisien determinasi sebesar 0,991. Uji
t menunjukkan biaya potongan penjualan dan biaya iklan secara parsial
berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan.