| dc.description.abstract | STRATEGI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM UNTUK PENINGKATAN
PENJUALAN KIOS MAKANAN DI KOTA CEPU
Jumlah industri makanan dan minuman di Indonesia berkembang pesat. Cepu
sebagai salah satu bagian dari Indonesia juga mengalami perkembangan.
Perkembangan industri kuliner di Cepu ditandai dengan banyaknya kios-kios yang
bermunculan. Media sosial merupakan salah satu media yang digunakan oleh
masyarakat untuk bersosialisasi. Tidak jarang masyarakat juga menggunakan
media sosial untuk berjualan. Kios-kios di Cepu juga mulai menggunakan media
sosial untuk berjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
penggunaan sosial media untuk meningkatkan penjualan kios-kios di Cepu.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti melakukan wawacara
sebagai metode pengumpulan data dari narasumber. Wawancara ini penulis
lakukan di Surabaya dan Cepu. Narasumber dari penelitian ini adalah pemilik
kios, food blogger, pakar penjualan, dan pakar sosial media. Teknik sampling
menggunakan purposive sampling. Peneliti mengecek keabsahan data dengan
menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
empat strategi dalam menggunakan sosial media, yaitu (1) pemilik kios harus
melakukan posting konten setiap hari, (2) pemilik kios dapat menggunakan
fasilitas endorsement untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat, (3)
pemilik kios dapat memperbaiki atau memperbarui tampilan Instagram agar lebih
menarik, dan (4) pemilik kios dapat menggunakan Instagram sebagai katalog
online agar konsumen dapat mengetahui apa saja yang dijual di kios tersebut. | en_US |