PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN DI CV PRIMA ANDALAN SUKSES
Abstract
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN DI
CV PRIMA ANDALAN SUKSES
Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, maka bisnis di bidang
perumahan, pertokoan, gedung-gedung bertingkat, hotel, juga semakin meningkat.
Bisnis properti dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang cukup baik.
Akibat persaingan ini, CV Prima Andalan Sukses (CV PAS) mulai merasakan
adanya penurunan dalam omset penjualan produknya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian pada CV PAS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan populasi konsumen tetap CV PAS selama tahun 2016–2018 sebanyak 180
konsumen dan jumlah sampel dalam penelitian ini diambil dari total keseluruhan
konsumen tahun 2016-2018 yang telah melakukan pembelian berulang yaitu 125
responden. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner dengan
skala Likert. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas
pelayanan dan kualitas produk sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian
sebagai variabel terikat. Data penelitian berupa data primer dengan kuisioner dan
data sekunder berupa arsip CV PAS. Data yang dapat dianalisis menggunakan
analisis regresi linier berganda yang dibantu menggunakan program SPSS 20.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji regresi
linier berganda, uji koefisien korelasi (R) dan Koefisien Determinasi (R²), uji f, uji
t serta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas,
heteroskedastisitas, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan dan kualitas produk, secara parsial berpengaruh terhadap pengambilan
keputusan pembelian konsumen CV PAS. Kualitas pelayanan sangat berpengaruh
terhadap keputusan pembelian di CV PAS, terbukti dengan hasil uji regresi linier
berganda untuk kualitas pelayanan sebesar 0,392. Untuk kualitas produk memiliki
hasil 0,66 yang berarti tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian bahan
bangunan di CV PAS. Sehingga, kesimpulannya yang mempengaruhi keputusan
pembelian bahan bangunan oleh konsumen adalah kualitas pelayanan di CV PAS.