PERANCANGAN BRAND COMMUNICATION UNTUK BISNIS ETHEREAL BESERTA MEDIA PROMOSINYA
Abstract
Sabun adalah produk esensial yang digunakan masyarakat sehari-hari
untuk membersihkan tubuh mereka. Banyak sekali jenis sabun yang dijual di
pasaran dengan berbagai macam manfaat yang ditawarkan untuk kulit. Akan
tetapi, mayarakat tidak mengetahui bahwa sabun yang mereka gunakan juga
mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit serta lingkungan di
sekitar mereka. Ethereal adalah brand yang menjual handmade soap dengan
konsep ramah lingkunga, yang mengedepankan bahan-bahan alami yang aman
untuk kulit dan lingkungan. Target market brand Ethereal yaitu wanita usia
remaja hingga dewasa dengan ekonomi menengah hingga menengah ke atas
yang memperhatikan kondisi kulit mereka. Ethereal sebagai brand baru masih
belum banyak dikenal dan mendapatkan awareness dari masyarakat mengenai
nilai dan produk brand. Perancangan brand campaign beserta media promosinya
ini dibuat sebagai sarana untuk mengkomunikasikan nilai dan produk yang
ditawarkan serta untuk meningkatkan brand awareness Ethereal pada calon
konsumen. Brand campaign yang diangkat yaitu “Be You Be Natural” yang
mengajak dan mengedukasi konsumen untuk beralih menggunakan perawatan
kulit yang lebih natural dan ramah lingkungan, dalam hal ini menggunakan sabun
handmade zero waste yang ditawarkan oleh brand Ethereal. Gaya desain yang
digunakan yaitu Scandinavian yang menonjolkan elemen desain natural, simpel
dan minimalis. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data primer melalui
wawancara pada tiga expert dan tiga extreme user serta pembagian kuisioner
pada 100 orang yang pernah ataupun sedang menggunakan handmade soap.
Penelitian juga didukung dengan studi literatur, buku, jurnal dan penelitian
terdahulu sebagai data sekunder. Hasil dari perancangan berupa strategi
kampanye dan pemilihan media promosi yang digunakan, sesuai dengan
masukan dan saran yang didapat dari hasil uji coba wawancara serta kuisioner.