FAKTOR KEPUTUSAN DAYA BELI KONSUMEN TERHADAP DONAT TEPUNG APEL ANNA DI GRESIK
Abstract
Apel Anna merupakan salah satu jenis buah Apel yang banyak ditemukan di Kota Malang. Apel Anna ini dimanfaatkan menjadi tepung yang kemudian diolah menjadi kreasi produk donat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat aroma, rasa, warna, dan tekstur pada produk donat dengan penambahan tepung Apel Anna, kemudian untuk mengetahui cara pemasaran, penerimaan pasar, dan faktor yang memengaruhi keputusan daya beli konsumen terhadap produk donat tepung Apel Anna. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan metode eksperimen, metode observasi, uji organoleptik, uji ANOVA, dan uji minat pasar. Penelitian ini dilakukan di Gresik dengan menggunakan data primer dan sekunder, subjek penelitian berjumlah 30 panelis, tiga informan dan 105 responden. Hasil penelitian dari uji organoleptik dengan menggunakan uji ANOVA menyatakan bahwa panelis menyukai produk dengan konsentrasi penambahan tepung Apel Anna sebesar 16% atau 52 gram pada perlakuan oven. Hasil uji minat pasar menyatakan bahwa seluruh responden tertarik terhadap produk donat yang ditawarkan dengan harga jual Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 dan berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada tiga informan yang juga sebagai konsumen donat tepung Apel Anna bahwa faktor harga produk dan selera atau kebiasaan dapat memengaruhi keputusan daya beli konsumen, sedangkan faktor pendapatan tidak memengaruhi keputusan daya beli konsumen terhadap produk donat tepung Apel Anna.
