PENGARUH MARKETING MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK BUBUR BERAS MERAH DENGAN KALDU JAMUR TIRAM
Abstract
Penjualan industri makanan dan minuman secara online di masa pandemi
meningkat tajam tetapi penjualan bubur beras merah dengan kaldu jamur tiram
yang dipasarkan di Instagram belum mampu menarik niat pembelian konsumen.
Kesenjangan antara fenomena umum yaitu kenaikan penjualan makanan secara
online dan tidak adanya penjualan bubur beras merah dengan kaldu jamur tiram
melalui media sosial Instagram mendorong dilakukannya penelitian mengenai
marketing media sosial Instagram terhadap niat beli konsumen. Tujuan penelitian
ini adalah menjelaskan pengaruh sosial media marketing yang meliputi
interaction, entertainment, customization, word of mouth, dan trendiness terhadap
niat beli konsumen pada produk bubur beras merah dengan kaldu jamur tiram.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, variabel penelitian meliputi
variabel bebas yaitu: interaction, entertainment, customization, word of mouth,
dan trendinessdan variabel terikat niat beli. Jumlah sampel penelitian sebanyak 83
sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis
data menggunakan regresi linier berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan
bahwa interaction, entertainment, customization, dan word of mouth berpengaruh
positif terhadap niat beli konsumen pada produk bubur beras merah dengan kaldu
jamur tiram. Tetapi variabel trendiness tidak berpengaruh terhadap niat beli pada
konsumen pada produk bubur beras merah dengan kaldu jamur tiram.
