PERSEPSI PANCA INDRA GENERASI Z TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLAHAN PATISSERIE DI SAMARINDA
Abstract
Inovasi dan perkembangan produk olahan patisserie mengalami kenaikan yang cukup signifikan, terutama di Kota Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah UMKM kuliner yang selalu naik setiap tahunnya. Bisnis kuliner khususnya untuk produk olahan patisserie di Samarinda, sesungguhnya bukanlah bisnis yang tergolong baru dan dapat dianggap remeh. Beragam variasi jenis olahan patisserie dapat ditemukan di Samarinda, mulai dari jenis kue khas daerah Samarinda, kue tradisional, kue modern, hingga kue mancanegara. Eksistensi usaha pastry dan bakery yang telah berdiri di Samarinda sejak bertahun-tahun maupun yang baru, terus bermunculan hingga menjadi produk patisserie favorit para generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik produk olahan patisserie yang disukai dan persepsi panca indra generasi Z terhadap keputusan pembelian produk olahan patisserie di Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan melakukan wawancara langsung dengan lima informan yakni antara lain empat generasi Z serta satu pemilik toko patisserie favorit generasi Z di Samarinda. Lokasi penelitian berada di Provinsi Kalimantan Timur khususnya di Kota Samarinda. Metode yang digunakan untuk penjaringan data adalah metode purposive sampling. Data akan diuji keabsahannya dengan metode triangulasi sumber data meliputi hasil wawancara bersama informan dan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan bermacam-macam persepsi panca indra mengenai karakteristik dari setiap jenis produk olahan patisserie. Selain perbedaan jenis, perbedaan tersebut terjadi karena sifat persepsi yang bersifat subjektif, sehingga menimbulkan sikap suka dan tidak suka konsumen terhadap produk yang dicoba. Hasil lain terdapat pula faktor yang memengaruhi persepsi seperti faktor latar depan dan latar belakang, faktor harapan, dan faktor pengulangan yang berdampak pada keputusan pembelian produk.
