STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK PERUSAHAAN CHRIS PORK DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat strategi digital marketing untuk
perusahaan Chris Pork di masa Pandemi COVID-19. Subjek yang diteliti adalah
sebanyak lima informan yang terdiri dari dua pengusaha bisnis makanan, dua
konsultan media sosial, dan satu ahli bidang usaha kuliner yang diambil secara acak
dengan beberapa pertimbangan dengan metode purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan
wawancara secara mendalam dengan informan. Variabel penelitian yang digunakan
oleh peneliti adalah strategi digital marketing, biaya marketing, promosi marketing,
customer interaction, desain visual, dampak pandemi, dan performa restoran.
Setelah itu, peneliti menganalisis hasil data menggunakan metode triangulasi yakni
dengan membandingkan data dari informan dan teori dari penelitian terdahulu
untuk memperoleh suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil triangulasi tersebut, dapat
disimpulkan bahwa peran digital marketing sangatah penting bagi perusahaan Chris
Pork untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan perusahaan di tengah
pandemi COVID-19 jika digital marketing dilakukan dengan konsisten, memiliki
sasaran konsumen yang tepat, dan kreatif. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat
memengaruhi keberhasilan digital marketing yakni, biaya marketing dan promosi
dalam digital marketing.
