PELUANG BISNIS PRODUK PRECOOKED MEAL SIAP SAJI MASAKAN INDONESIA SEMENJAK MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana peluang bisnis dari
produk precooked meal siap saji khususnya produk masakan Indonesia, yang di
mana produk ada semenjak masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT untuk mencari tahu potensi dan
peluang usaha produk siap saji ke depannya. Penelitian ini dilakukan di Kota
Surabaya dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan tiga informan
pelaku bisnis kuliner dan dua informan ahli. Pandemi Covid-19 merubah banyak
pola hidup masyarakat, termasuk konsumen dari industri kuliner. Perubahan pola
hidup tersebut menciptakan adanya permintaan pasar yang kemudian menjadi
sebuah peluang bisnis untuk produk makanan siap saji. Produk makanan siap saji
dinilai sebagai produk yang praktis dan diminati selama masa pandemi ini. Hasil
dari triangulasi data wawancara dan penelitian menunjukkan bahwa peluang usaha
untuk produk siap saji memang cukup menjanjikan dan akan tetap dicari. Pasar
untuk produk siap saji dinilai menjanjikan karena adanya perubahan pola hidup
konsumen semenjak masa pandemi yang di mana masyarakat lebih banyak
beraktivitas di dalam rumah dan menyukai kepraktisan. Namun peluang ini masih
kurang stabil dikarenakan situasi pandemi masih dapat berubah.
