| dc.contributor.author | LIANA, CHRISTANTY | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-04T02:36:09Z | |
| dc.date.available | 2022-01-04T02:36:09Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3962 | |
| dc.description | The purpose of this research is to find out more about the opportunity of ready-toeat
meal products in particular Indonesian cuisine, in which the products existed
since the Covid-19 pandemic era. This research used a descriptive qualitative
method with a SWOT analysis to determine the potential and business opportunity
for ready-to-eat meal products. This research was conducted in the city of Surabaya
by collecting data from three informants who owns and run a culinary business and
another two informants who are considered as experts. The Covid-19 pandemic has
changed many people’s lifestyle, including the culinary industry’s consumer. This
change in lifestyle creates market demand which then resulting in business
opportunity for ready-to-eat meal products. Ready-to-eat meal products are
considered as practical and in demand during this time of the pandemic. The result
of the interview data triangulation shows that the business opportunity for readyto-
eat products is quite promising and in demand. The market for ready-to-eat
products is quite promising because of the consumer’s changing lifestyle resulted
from the pandemic situation, consumer nowadays stays indoor more often and
prefers product’s practicality. However, this business opportunity is unstable since
the pandemic situation might change. | en_US |
| dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana peluang bisnis dari
produk precooked meal siap saji khususnya produk masakan Indonesia, yang di
mana produk ada semenjak masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT untuk mencari tahu potensi dan
peluang usaha produk siap saji ke depannya. Penelitian ini dilakukan di Kota
Surabaya dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan tiga informan
pelaku bisnis kuliner dan dua informan ahli. Pandemi Covid-19 merubah banyak
pola hidup masyarakat, termasuk konsumen dari industri kuliner. Perubahan pola
hidup tersebut menciptakan adanya permintaan pasar yang kemudian menjadi
sebuah peluang bisnis untuk produk makanan siap saji. Produk makanan siap saji
dinilai sebagai produk yang praktis dan diminati selama masa pandemi ini. Hasil
dari triangulasi data wawancara dan penelitian menunjukkan bahwa peluang usaha
untuk produk siap saji memang cukup menjanjikan dan akan tetap dicari. Pasar
untuk produk siap saji dinilai menjanjikan karena adanya perubahan pola hidup
konsumen semenjak masa pandemi yang di mana masyarakat lebih banyak
beraktivitas di dalam rumah dan menyukai kepraktisan. Namun peluang ini masih
kurang stabil dikarenakan situasi pandemi masih dapat berubah. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Analisis SWOT | en_US |
| dc.subject | Kota Surabaya | en_US |
| dc.subject | Masakan Indonesia | en_US |
| dc.subject | Pandemi COVID-19 | en_US |
| dc.subject | Peluang Bisnis | en_US |
| dc.subject | Pola Hidup | en_US |
| dc.subject | Produk Siap Saji | en_US |
| dc.title | PELUANG BISNIS PRODUK PRECOOKED MEAL SIAP SAJI MASAKAN INDONESIA SEMENJAK MASA PANDEMI COVID-19 | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0721046003 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 40217071 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | JULIUSKA SAHERTIAN | |