STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KULIT LUMPIA VIETNAM (RICE PAPER) DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG KENTANG DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran terhadap minat beli kulit lumpia Vietnam (rice paper) dengan substitusi tepung kentang di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus dan penelitian ini juga merupakan bentuk pengembangan dari penelitian yang sudah ada. Penelitian ini dilakukan di dua kota yaitu di Sidoarjo dan Surabaya dengan menggunakan data primer dan sekunder, subjek penelitian berjumlah 30 panelis, tiga informan dalam wawancara, dan sepuluh responden dalam uji minat pasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dilakukan uji ANOVA. Hasil penelitian percobaan pembuatan kreasi rice paper dengan substitusi tepung kentang dilakukan dengan percobaan menggunakan control 0%, 10%, 25%, dan 50% tepung kentang, dengan tiga kali pengulangan uji organoleptik dan hasil dari tiga kali pengujian panelis menyukai percobaan dengan kontrol 25% tepung kentang. Penerimaan pasar kreasi produk kulit lumpia Vietnam (rice paper) dengan substitusi tepung kentang dapat diterima konsumen dilihat dari hasil wawancara yang mencakup marketing mix 7P, attention, interest, desire, dan action of informants.