PERSEPSI MASYARAKAT DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP PRODUK KAFE DAN STRATEGI PEMASARANNYA DI KOTA SAMPIT
Abstract
Perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia melaju sangat pesat. Banyak sekali wirausahawan yang membuka bisnis di bidang makanan dan minuman, terutama dalam membuka bisnis kafe. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi masyarakat Sampit terhadap keputusan pembelian produk kafe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan aliran fenomenologi. Penelitian ini mengambil empat informan pelanggan dan satu informan ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mengenai indikator-indikator yang memengaruhi persepsi terhadap keputusan pembelian produk kafe. Indikator-indikator persepsi yang digunakan adalah persepsi positif, persepsi negatif, stimulus, registrasi, interpretasi, faktor internal, faktor eksternal, keputusan pembelian, dan strategi pemasaran. Selanjutnya, peneliti menganalisis hasil data dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan data dari informan dan teori dari penelitian terdahulu untuk memperoleh kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan hasil triangulasi tersebut, seluruh indikator persepsi dapat memengaruhi keputusan pembelian produk kafe dimana persepsi positif merupakan indikator yang paling diperhatikan oleh pelanggan dalam membuat keputusan pembelian maupun pembelian ulang.
