PENGARUH HARGA, STORE ATMOSPHERE, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA RESTORAN AJINOYA JAPANESE STREET FOOD SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga, store atmosphere, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen pada restoran Ajinoya Japanese Street Food Surabaya. Pertumbuhan industri kuliner dalam bentuk rumah makan atau restoran di Kota Surabaya tumbuh dengan pesat. Hal ini membuat tingkat persaingan semakin tinggi (ketat) dalam bersaing. Maka dari itu, sebuah restoran harus mampu memperhatikan harga, store atmosphere, dan kualitas pelayanan serta pengaruhnya terhadap minat beli ulang konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen restoran Ajinoya Japanese Street Food. Sementara sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah mengunjungi dan makan di tempat restoran Ajinoya Japanese Street Food minimal dua kali dalam kurun waktu tiga bulan terakhir serta berusia minimal 17 tahun. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara offline kepada 90 orang responden yang merupakan konsumen di restoran Ajinoya Japanese Street Food yang telah memenuhi syarat pengisian kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS untuk mengolah data statistik. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, store atmosphere memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.
