STRATEGI PEMASARAN PUTRI SELAT SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS KOTA BANJARMASIN
Abstract
Putri Selat merupakan salah satu makanan tradisional khas kota Banjarmasin yang patut dipertahankan. Komponen yang ada dalam Putri Selat yaitu memiliki tiga lapisan lapisan pertama berwarna hijau berbahan dasar daun suji, lapisan kedua berwana coklat yang berbahan dasar gula merah dan lapisan paling atas berwarna putih yang berbahan dasar tebung beras yang dicampur dengan santan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Putri Selat sebagai oleh-oleh khas kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan melakukan observasi dan wawancara tatap muka secara langsung. Lokasi penelitian berada di kota Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah penjual wadai khas Banjar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Banjarmasin, Travel agent serta pelanggan wadai khas Banjar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan yaitu media sosial seperti Instagram dan Putri Selat memiliki peluang sebagai oleh-oleh khas kota Banjarmasin. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara dengan para informan dan ditarik kesimpulan yakni Putri Selat memiliki rasa yang khas dan penjualan yang unik dan berbeda.
