• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Pariwisata
    • Bisnis Kuliner
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Pariwisata
    • Bisnis Kuliner
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERIMAAN PASAR TERHADAP SERUNDENG DENGAN PEMANFAATAN UBI KAYU DI SURABAYA

    Thumbnail
    View/Open
    abstract (190.4Kb)
    Abstrak (199.8Kb)
    Bab I (266.5Kb)
    Bab II (438.2Kb)
    Bab III (327.6Kb)
    Bab IV (1.343Mb)
    Bab V (231.8Kb)
    Daftar Gambar (183.4Kb)
    Daftar Isi (216.9Kb)
    Daftar Lampiran (195.5Kb)
    Daftar Pustaka (230.0Kb)
    Daftar Tabel (208.3Kb)
    Halaman Judul (207.6Kb)
    Kata Pengantar (210.9Kb)
    Lampiran (1.873Mb)
    Pernyataan Keaslian Tugas Akhir (648.8Kb)
    Ringkasan Eksekutif (824.6Kb)
    Surat Pernyataan Hak Simpan dan Publikasi (598.0Kb)
    Tanda Bebas Pustaka REVISI (326.7Kb)
    Date
    2021
    Author
    ANGELIA, FERNANDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Serundeng adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia yang sangat disukai masyarakat Indonesia baik yang tinggal di pedesaan maupun kota. Serundeng menggunakan kelapa sebagai bahan utama. Ubi kayu (manihot utilissima) adalah salah satu hasil pertanian Indonesia yang memiliki potensial besar untuk dijadikan bahan pangan sebagai substitusi kelapa. Ubi kayu disebut juga singkong atau ketela pohon merupakan bahan baku yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk industri seperti makanan dan farmasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengolahan ubi kayu agar dapat menjadi serundeng dan ingin mengetahui penerimaan pasar terhadap serundeng dengan pemanfaatan ubi kayu di Surabaya. Peneliti melakukan uji organoleptik dengan 30 panelis yang berbeda pada tiga kali pengulangan untuk mengetahui sampel mana yang terbaik. Peneliti membagikan kuesioner yang berisi skala Likert untuk melakukan pengumpulan data pada uji organoleptik. Peneliti melakukan analisis menggunakan ANOVA untuk mengetahui sampel yang paling disukai panelis. Berdasarkan hasil dari ANOVA, serundeng dengan perlakuan sinar matahari dan komposisi 60% paling disukai oleh panelis. Oleh karena itu, sampel tersebut dipilih dan dijual oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji minat pasar yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, harga yang sesuai adalah Rp. 10.000 dengan menggunakan plastik zipper. Responden banyak memilih online yaitu melalui Instagram sebagai media penjualan terbaik. Berdasarkan hasil uji minat pasar, 89 responden dari total 90 responden tertarik untuk membeli produk dan hasil dari wawancara bersama keempat informan menunjukkan bahwa produk serundeng ubi kayu dapat diterima oleh pasar di Surabaya dan memiliki kelayakan untuk dijual. Hal ini dikarenakan produk serundeng ubi kayu memiliki warna, aroma, rasa, tekstur, harga, dan kemasan yang bagus, sesuai serta memiliki kualitas.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4001
    Collections
    • Bisnis Kuliner

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire