PENGARUH INOVASI PRODUK, PROMOSI, DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING RESTORAN A&M CO. SURAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah inovasi produk, promosi, dan experiential marketing berpengaruh terhadap keunggulan bersaing restoran A&M Co. Surakarta. Keunggulan bersaing harus dimiliki oleh setiap restoran karena zaman sekarang pertumbuhan restoran sudah semakin meningkat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua konsumen dari restoran A&M Co. Surakarta yang pernah makan di tempat karena peneliti membahas mengenai experiential marketing yang didapatkan konsumen saat mengunjungi restoran A&M Co. Surakarta. Kriteria sampel yang digunakan adalah konsumen berumur 17−60 tahun yang pernah mengunjungi restoran A&M Co. Surakarta minimal sekali dan pernah makan di tempat dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan kuesioner yang dilakukan secara online yaitu melalui Google Form yang disebarkan menggunakan Whatsapp dan Instagram. Pengukuran pernyataan pada kuesioner menggunakan skala Likert. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu inovasi produk, promosi, dan experiential marketing, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keunggulan bersaing. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 20 for windows untuk memperoleh hasil peneliltian yang signifikan berdasarkan penelitian terdahulu yang pernah dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu semua hipotesis diterima yang artinya inovasi produk, promosi, dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing restoran A&M Co. Surakarta.
