ANALISIS STRATEGI BERTAHAN DAN BERSAING BISNIS PELIPUR LARA SIWALANKERTO DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi COVID-19 telah membuat para pelaku usaha di bidang F&B terkena dampaknya, terutama dalam hal keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pebisnis melihat strategi bertahan pada bisnis F&B pada level coffee shop. Pada beberapa penelitian terdahulu, didapatkan hasil yang signifikan antara strategi bertahan dan strategi bersaing terhadap variabel volume penjualan. Pada penelitian kali ini strategi bertahan dan bersaing diteliti untuk meningkatkan volume penjualan selama masa pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan wawancara dengan pemilik dari coffee shop dan dengan ahli bidang marketing untuk membandingkan strategi yang telah digunakan oleh pemilik sesuai dengan strategi yang seharusnya digunakan dalam persaingan bisnis. Hasil dari wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan informan menunjukkan keselarasan antara informan ahli dan informan pemilik dengan teori yang ada. Dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa Pelipur Lara telah melakukan strategi yang baik sesuai dengan strategi yang dibicarakan oleh ahli bidang marketing.
