PENGARUH SCARCITY MARKETING TERHADAP DESIRABILITY PENGGUNA GRABFOOD: PERCEIVED UNIQUENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengamati apakah scarcity marketing
berpengaruh terhadap desirability pengguna Grabfood yang dimediasi oleh
perceived uniqueness. Scarcity marketing dalam penelitian ini terdiri dari dua
jenis yaitu limited-quantity scarcity dan limited-time scarcity. Penelitian ini
melibatkan seratus tiga belas pengguna aktif aplikasi Grabfood yang telah mengisi
kuesioner online dengan lengkap. Data penelitian yang sudah terkumpul
kemudian diolah menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil olah data
menunjukkan bahwa limited-quantity scarcity maupun limited-time scarcity
secara langsung dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
perceived uniqueness maupun desirability. Selanjutnya perceived uniqueness juga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap desirability secara langsung. Dalam
posisi sebagai variabel intervening, konstruk perceived uniqueness juga mampu
memediasi hubungan antara limited-quantity scarcity maupun limited-time
scarcity terhadap desirability secara parsial.