PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN HERBAL BERBAHAN DASAR LUO HAN GUO UNTUK GENERASI X DI SEMARANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk minuman herbal berbahan dasar luo han guo untuk generasi X di Semarang. Minuman herbal berbahan dasar luo han guo merupakan hasil kreasi produk yang peneliti hasilkan dengan memanfaatkan buah luo han guo sebagai bahan dasar dalam pembuatan minuman herbal. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif terhadap tiga informan bersyarat yaitu merupakan bagian dari generasi X dan pernah melakukan pembelian pada produk minuman herbal berbahan dasar luo han guo. Data yang dihasilkan kemudian peneliti olah menggunakan teknik analisis triangulasi sumber data. Hasil penelitian penerapan strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk untuk generasi X di Semarang menunjukkan semua indikator bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sehingga dengan mengetahui setiap indikator bauran pemasaran, peneliti dapat memanfaatkan data tersebut untuk mengatur strategi bisnis. Kualitas produk merupakan komponen penting yang harus diperhatikan didukung dengan promosi yang menarik baik secara online maupun offline.