| dc.contributor.author | WIJAYA, MICHELLE TANDRA | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-07T09:12:55Z | |
| dc.date.available | 2022-01-07T09:12:55Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4053 | |
| dc.description | The purpose of the study is to use coin-bark wastes that have many benefits to be
treated as a powdered mangosteen skin, which is used as a base ingredient for
cookies product made from mangosteen skin powder. Researchers performed
organoleptic tests on 90 panelists using value scale. Then researchers used ANOVA
research method to get the most preferred and most chosen sample by the panelist.
Based on data obtained through the ANOVA test, it was found that the best sample
of cookies is treated with roast treatment of powdered mangosteen skin by 10%, so
the researcher used the most preferred result from ANOVA tests for sale. The
respondents choose that the price of cookies for a box of six for > Rp. 25.000, with
the decision of choosing the researcher to sell those cookies for Rp. 25.000. The
researcher interviewed three informants with interest indicators, a price, and sales
factors. The product is interesting enough, as well as innovating to pull power
customer interest. | en_US |
| dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan limbah kulit buah manggis yang
memiliki banyak manfaat untuk diolah menjadi bubuk kulit manggis, bubuk kulit
manggis tersebut dimanfaatkan sebagai bahan dasar produk cookies dari bubuk
kulit manggis. Peneliti melakukan uji organoleptik terhadap 90 panelis dengan
menggunakan skala nilai. Selanjutnya peneliti menggunakan metode penelitian
ANOVA untuk mengetahui sampel yang paling disuka dan banyak dipilih oleh
panelis. Berdasarkan data yang didapat melalui uji ANOVA, didapat sampel yang
terbaik produk cookies dengan perlakuan sangrai dengan penggunaan bubuk kulit
manggis sebanyak 10%, sehingga peneliti menggunakan hasil dari uji ANOVA
terbaik untuk dijual. Responden memilih harga produk cookies untuk satu box berisi
enam dengan harga > Rp. 25.000 dengan keputusan yang dipilih responden makan
peneliti menjual produk cookies tersebut dengan harga Rp. 25.000 per box. Peneliti
melakukan wawancara terhadap tiga informan dengan indikator daya tarik, harga,
dan faktor penjualan. Produk sudah cukup menarik dan belum terdapat cookies dari
bubuk kulit manggis, kemasan yang digunakan sudah cukup menarik, serta selalu
berinovasi untuk menarik daya minat pembeli. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Cookies | en_US |
| dc.subject | Daya Tarik | en_US |
| dc.subject | Kulit Manggis | en_US |
| dc.subject | Uji Organoleptik | en_US |
| dc.title | DAYA TARIK PEMINAT COOKIES DARI BUBUK KULIT MANGGIS DI SIDOARJO | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0724045701 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 40217035 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | PRASETYON SEPSI WINARNO | |