PENGARUH LOKASI, EXPERIENTIAL MARKETING, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI RUMAH MAKAN JOGLO BLITAR
Abstract
Rumah makan adalah salah satu sektor kuliner yang masih berkembang di masa pandemi sehingga banyak rumah makan baru yang menimbulkan persaingan. Selama pandemi diperlukan aspek-aspek khusus agar rumah makan bisa bertahan diantaranya adalah lokasi yang strategis, pengalaman pelanggan, dan keberagaman produk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lokasi, experiential marketing, dan variasi produk terhadap minat beli ulang di Rumah Makan Joglo Blitar dengan menggunakan analisis regresi linier berganda SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sedang berkunjung dan memesan sebuah produk di Rumah Makan Joglo Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang yang berasal dari kota di Jawa Timur agar hasil penelitian ini menjadi objektif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada responden dengan instrument nya adalah skala Likert. Variabel yang peneliti gunakan adalah variabel lokasi, experiential marketing, dan variasi produk sebagai variabel bebas dan variabel minat beli ulang sebagai variabel terikat. Selanjutnya data diolah menggunakan software SPSS agar memperoleh kesimpulan dan hasil yang signifikan berdasarkan penelitian tersebut. berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan software SPSS dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang dimana semakin luas variabel lokasi maka semakin tinggi minat beli ulang pelanggan. Hasil penelitian variabel experiential marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang dimana semakin tinggi experiential marketing semakin tinggi juga minat beli ulang pelanggan, dan variasi produk berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli ulang karena semakin banyak variasi produk yang ditawarkan semakin tinggi juga minat beli ulang pelanggan.
