STRATEGI PENETRASI PASAR PRODUK TOPPING TAPIOCA PEARL DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG BIJI MANGGA DI KITOZ SNACK CORNER
Abstract
Mangga manalagi banyak dijumpai di Probolinggo, biji mangga yang dianggap
limbah dapat dimanfaatkan menjadi tepung dan diolah menjadi topping tapioca
pearl, tapioca pearl membahayakan apabila dikonsumsi terus menerus karena
kandungan dari tepung tapioka sehingga tepung biji mangga dapat ditambahkan
ke dalam tepung tapioka pada tapioca pearl. Kitoz Snack Corner merupakan
pengembangan bisnis dari Kitoz Department Store dan digunakan sebagai tempat
untuk menjual minuman dengan tambahan topping tapioca pearl, untuk
meningkatkan pangsa pasar pada bisnis yang baru berkembang maka digunakan
strategi penetrasi pasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan aspek orientasi teoritik dan menggunakan metode kualitatif deskriptif,
penelitian ini juga bersifat pengembangan dari tugas akhir terdahulu. Penelitian
dilakukan di Paiton Probolinggo dengan menggunakan data primer dan sekunder
dan subjek penelitian sebanyak 30 panelis, tiga informan, dan 94 responden.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dilakukan uji
ANOVA. Hasil penelitian percobaan pembuatan topping tapioca pearl dengan
tambahanan tepung biji mangga manalagi berhasil dilakukan, dengan percobaan
menggunakan kontrol 0%, 5%, 10%, dan 15% dan perlakuan rendam dan rebus
dengan tiga kali pengulangan didapatkan hasil yang paling disukai yaitu perlakuan
rebus 10%. Pada aspek strategi penetrasi pasar harga yang diberikan untuk tapioca
pearl di Kitoz Snack Corner sudah sebanding dengan produk, promosi yang
dilakukan sudah menarik, penampilan produk merupakan keputusan untuk
membeli produk, membuat program loyalitas konsumen, kesukaan atas produk,
murah, aman, terjangkau, dan rasa yang sebanding menjadi penentu untuk
menjadi konsumen tetap, produk tidak kalah saing, murah, aman, mudah
dijangkau, dan enak, adanya produk yang lebih sehat membuat konsumen tetap
membeli produk di Kitoz Snack Corner.