| dc.contributor.author | AULIA, NABILA IZZA | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-11T04:42:57Z | |
| dc.date.available | 2022-01-11T04:42:57Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4087 | |
| dc.description | Manalagi mangoes are often found in Probolinggo, mango seeds which are
considered waste can be used into flour and processed into tapioca pearl
toppings, tapioca pearls are dangerous if consumed continuously because of the
content of tapioca flour so that mango seed flour can be added to tapioca flour in
tapioca pearls. Kitoz Snack Corner is a business development of the Kitoz
Department Store and is used as a place to sell drinks with additional tapioca
pearl toppings, to increase market share to newly developing businesses, a market
penetration strategy is used. This research uses qualitative research methods with
aspects of theoretical orientation and uses descriptive qualitative methods, this
research is also a development of the previous thesis. The research was conducted
in Paiton Probolinggo using primary and secondary data and the research
subjects were 30 panelists, three informants, and 94 respondents. The data were
collected by using a questionnaire method and using the ANOVA test. The results
of the experimental study of making tapioca pearl topping with added manalagi
mango seed flour were successfully carried out, with experiments using 0%, 5%,
10%, and 15% controls and soaking and boiling treatments with three repetitions,
the most preferred results were boiled treatment 10. %. In the aspect of the market
penetration strategy, the price given for tapioca pearls at Kitoz Snack Corner is
comparable to the product, the promotions carried out are already attractive, the
appearance of the product is a decision to buy a product, create a customer
loyalty program, love the product, cheap, safe, affordable, and a comparable taste
is a determinant of becoming a regular customer, the product is no less
competitive, cheap, safe, easy to reach, and delicious, the existence of a healthier
product keeps customers buying products at Kitoz Snack Corner. | en_US |
| dc.description.abstract | Mangga manalagi banyak dijumpai di Probolinggo, biji mangga yang dianggap
limbah dapat dimanfaatkan menjadi tepung dan diolah menjadi topping tapioca
pearl, tapioca pearl membahayakan apabila dikonsumsi terus menerus karena
kandungan dari tepung tapioka sehingga tepung biji mangga dapat ditambahkan
ke dalam tepung tapioka pada tapioca pearl. Kitoz Snack Corner merupakan
pengembangan bisnis dari Kitoz Department Store dan digunakan sebagai tempat
untuk menjual minuman dengan tambahan topping tapioca pearl, untuk
meningkatkan pangsa pasar pada bisnis yang baru berkembang maka digunakan
strategi penetrasi pasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan aspek orientasi teoritik dan menggunakan metode kualitatif deskriptif,
penelitian ini juga bersifat pengembangan dari tugas akhir terdahulu. Penelitian
dilakukan di Paiton Probolinggo dengan menggunakan data primer dan sekunder
dan subjek penelitian sebanyak 30 panelis, tiga informan, dan 94 responden.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dilakukan uji
ANOVA. Hasil penelitian percobaan pembuatan topping tapioca pearl dengan
tambahanan tepung biji mangga manalagi berhasil dilakukan, dengan percobaan
menggunakan kontrol 0%, 5%, 10%, dan 15% dan perlakuan rendam dan rebus
dengan tiga kali pengulangan didapatkan hasil yang paling disukai yaitu perlakuan
rebus 10%. Pada aspek strategi penetrasi pasar harga yang diberikan untuk tapioca
pearl di Kitoz Snack Corner sudah sebanding dengan produk, promosi yang
dilakukan sudah menarik, penampilan produk merupakan keputusan untuk
membeli produk, membuat program loyalitas konsumen, kesukaan atas produk,
murah, aman, terjangkau, dan rasa yang sebanding menjadi penentu untuk
menjadi konsumen tetap, produk tidak kalah saing, murah, aman, mudah
dijangkau, dan enak, adanya produk yang lebih sehat membuat konsumen tetap
membeli produk di Kitoz Snack Corner. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | ANOVA | en_US |
| dc.subject | Mangga Manalagi | en_US |
| dc.subject | Strategi Penetrasi Pasar | en_US |
| dc.subject | Tapioca Pearl | en_US |
| dc.subject | Tepung Biji Mangga | en_US |
| dc.subject | Uji Minat Pasar | en_US |
| dc.subject | Uji Organoleptik | en_US |
| dc.title | STRATEGI PENETRASI PASAR PRODUK TOPPING TAPIOCA PEARL DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG BIJI MANGGA DI KITOZ SNACK CORNER | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0709117803 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 40217097 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | MICHAEL RICKY SONDAK | |