PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram,
kualitas produk, dan promosi terhadap volume penjualan di Ewoel Cafe Surabaya.
Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen Ewoel Cafe yang pernah
melakukan transaksi, sedangkan sampel yang ditetapkan oleh peneliti sebanyak 160
orang konsumen yang pernah bertransaksi minimal dua kali, berusia antara 17-50
tahun, dan memiliki akun Instagram. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini diambil dengan membagikan kuesioner online berupa google form dan diukur
berdasarkan skala Likert. Variabel yang digunakan yaitu media sosial Instagram,
kualitas produk, promosi sebagai variabel bebas dan volume penjualan sebagai
variabel terikat. Selanjutnya, peneliti mengolah data menggunakan program SPSS
20 for windows untuk memperoleh hasil yang signifikan dalam penelitian.
Berdasarkan hasil analisis penelitian didapatkan hipotesis yaitu media sosial
Instagram berpengaruh terhadap volume penjualan, kualitas produk berpengaruh
terhadap volume penjualan, promosi berpengaruh terhadap volume penjualan, dan
ketiga variabel tersebut berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan
sehingga dapat dikatakan seluruh variabel bebas memiliki pengaruh terhadap
variabel terikat secara parsial maupun simultan.
