| dc.contributor.author | VALENTINE, PIGEON DEAVEINA GRACE | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-11T06:43:01Z | |
| dc.date.available | 2022-01-11T06:43:01Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4089 | |
| dc.description | Indonesia is one of the countries with an impressive and amazing culinary wealth.
West Java produces a variety of various kinds of culinary, both food and drink.
Perception is a process preceded by sensing, namely the stimulus received by
individual through the sense. The purpose of this research is to determine how
perception of generation Z toward traditional drink in West Java. Researcher
distributed questionnaires online using Google Form to conduct a pre-survey.
Furthermore, the results of the questionnaires were then used to take samples that
were used as informants in this research. This research took three informant of
generation Z, one informant of seller, and one informant of expert. The data
collection technique in this research was carried out by doing interviews regarding
about factors that influence of perception toward traditional drink in West Java.
The factors of perception used are internal factor and eksternal factor, where
internal factor include physiologic, attention, interest, need, experience and
memory, and mood, while eksternal factor include size, color, unique, and intensity
of object. Furthermore, the researcher analyzed the results of the data by
triangulation, namely by comparing data from informants with theories from
previous research to obtain conclusions based on the results of the research. Based
on the results of the triangulation, not all factor of perception can influence the
consumer decision of consumsion traditional drink in West Java, however factor of
physiologic is the factor most influence consumer to making purchase. | en_US |
| dc.description.abstract | Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang
mengesankan dan mengagumkan. Jawa Barat menghasilkan berbagai macam
kuliner, baik makanan dan minumannya. Persepsi merupakan suatu proses yang
didahului oleh penginderaan, yaitu stimulus yang diterima oleh individu melalui
indera. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi
generasi Z terhadap minuman tradisional khas Jawa Barat. Peneliti membagikan
kuesioner secara online dengan menggunakan Google Form untuk melakukan pra survei. Selanjutnya, hasil dari kuesioner tersebut kemudian digunakan untuk
mengambil sampel yang dijadikan sebagai informan dalam penelitian ini. Penelitian
ini mengambil tiga informan generasi Z, satu informan pedagang kaki lima, dan
satu informan eksper. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan wawancara mengenai faktor yang memengaruhi persepsi terhadap
minuman khas Jawa Barat. Faktor-faktor persepsi yang digunakan adalah faktor
internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal mencakup fisiologis, perhatian,
minat, kebutuhan, pengalaman dan ingatan, dan suasana hati, sedangkan faktor
eksternal mencakup ukuran, warna, keunikan, dan intensitas objek. Selanjutnya,
peneliti menganalisa hasil data dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan
data yang diperoleh dari para informan dengan teori dari penelitian terdahulu untuk
memperoleh kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan hasil
triangulasi tersebut, tidak seluruh faktor persepsi dapat memengaruhi keputusan
konsumen dalam mengonsumsi minuman tradisional khas Jawa Barat, namun
faktor fisiologis adalah faktor yang paling memengaruhi konsumen dalam membuat
keputusan pembelian. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Generasi Z | en_US |
| dc.subject | Minuman Tradisional Khas Jawa Barat | en_US |
| dc.subject | Persepsi | en_US |
| dc.subject | Tren | en_US |
| dc.title | TREN MINUMAN TRADISIONAL KHAS JAWA BARAT MENURUT PERSEPSI GENERASI Z | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0709117803 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 40217067 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | MICHAEL RICKY SONDAK | |