Show simple item record

dc.contributor.authorVALENTINE, PIGEON DEAVEINA GRACE
dc.date.accessioned2022-01-11T06:43:01Z
dc.date.available2022-01-11T06:43:01Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4089
dc.descriptionIndonesia is one of the countries with an impressive and amazing culinary wealth. West Java produces a variety of various kinds of culinary, both food and drink. Perception is a process preceded by sensing, namely the stimulus received by individual through the sense. The purpose of this research is to determine how perception of generation Z toward traditional drink in West Java. Researcher distributed questionnaires online using Google Form to conduct a pre-survey. Furthermore, the results of the questionnaires were then used to take samples that were used as informants in this research. This research took three informant of generation Z, one informant of seller, and one informant of expert. The data collection technique in this research was carried out by doing interviews regarding about factors that influence of perception toward traditional drink in West Java. The factors of perception used are internal factor and eksternal factor, where internal factor include physiologic, attention, interest, need, experience and memory, and mood, while eksternal factor include size, color, unique, and intensity of object. Furthermore, the researcher analyzed the results of the data by triangulation, namely by comparing data from informants with theories from previous research to obtain conclusions based on the results of the research. Based on the results of the triangulation, not all factor of perception can influence the consumer decision of consumsion traditional drink in West Java, however factor of physiologic is the factor most influence consumer to making purchase.en_US
dc.description.abstractIndonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang mengesankan dan mengagumkan. Jawa Barat menghasilkan berbagai macam kuliner, baik makanan dan minumannya. Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh penginderaan, yaitu stimulus yang diterima oleh individu melalui indera. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi generasi Z terhadap minuman tradisional khas Jawa Barat. Peneliti membagikan kuesioner secara online dengan menggunakan Google Form untuk melakukan pra survei. Selanjutnya, hasil dari kuesioner tersebut kemudian digunakan untuk mengambil sampel yang dijadikan sebagai informan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengambil tiga informan generasi Z, satu informan pedagang kaki lima, dan satu informan eksper. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mengenai faktor yang memengaruhi persepsi terhadap minuman khas Jawa Barat. Faktor-faktor persepsi yang digunakan adalah faktor internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal mencakup fisiologis, perhatian, minat, kebutuhan, pengalaman dan ingatan, dan suasana hati, sedangkan faktor eksternal mencakup ukuran, warna, keunikan, dan intensitas objek. Selanjutnya, peneliti menganalisa hasil data dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dari para informan dengan teori dari penelitian terdahulu untuk memperoleh kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan hasil triangulasi tersebut, tidak seluruh faktor persepsi dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam mengonsumsi minuman tradisional khas Jawa Barat, namun faktor fisiologis adalah faktor yang paling memengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectGenerasi Zen_US
dc.subjectMinuman Tradisional Khas Jawa Baraten_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectTrenen_US
dc.titleTREN MINUMAN TRADISIONAL KHAS JAWA BARAT MENURUT PERSEPSI GENERASI Zen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0709117803
dc.identifier.kodeprodi93202
dc.identifier.nim40217067
dc.identifier.dosenpembimbingMICHAEL RICKY SONDAK


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record