STRATEGI PEMASARAN STIK SUSU SEBAGAI OLEH OLEH KHAS KABUPATEN MALANG
Abstract
Industri pariwisata merupakan salah satu faktor utama pertumbuhan ekonomi
masyarakat. Bisnis kuliner dapat dijadikan peluang pengenalan produk hasil
komoditas daerah. Maka dari itu, dibutuhkan cara efektif untuk mengenalkan
produk hasil komoditas daerah kepada wisatawan kemudian dapat dijadikan
sebagai oleh-oleh. Kabupaten Malang memiliki daya tarik wisata dan hasil
komoditas yang melimpah, namun hal itu tidak sejalan dengan stik susu yang
menjadi salah satu hasil komoditas andalan dari Kabupaten Malang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran stik susu sebagai oleh-oleh khas
Kabupaten Malang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif dengan melakukan wawancara dan observasi lapangan, obyek penelitian
dari penelitian ini adalah tiga orang yang berhubungan dengan pariwisata
Kabupaten Malang dan satu orang pemilik Stik Susu PUK ID Bunda Ani. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa stik susu berpotensi sebagai oleh-oleh khas
Kabupaten Malang namun perlu melakukan pengenalan produk secara optimal. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara dengan informan dan dapat ditarik
beberapa kesimpulan berupa strategi pemasaran stik susu sebagai oleh-oleh khas
Kabupaten Malang yaitu dengan cara mengikuti pameran yang diadakan oleh
pemerintah daerah, membentuk karakter produk, optimalisasi pemasaran secara
online, pengembangan produk sebagai oleh-oleh serta melakukan branding produk.
