| dc.contributor.author | JAYANTI, RATNASARI ISMIA | |
| dc.date.accessioned | 2022-01-11T07:27:51Z | |
| dc.date.available | 2022-01-11T07:27:51Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4092 | |
| dc.description | The tourism industry is one of the main factors for people's economic growth.
Culinary business can be used as an opportunity to introduce local commodity
products. Therefore, an effective way is needed to introduce local commodity
products to tourists, which can be used as souvenirs. Malang district has tourist
attractions and abundant commodity yields, but this isn't in line with stik susu, one
of the mainstay products of the Malang district. This study aims to determine the
marketing strategy of stik susu as a typical souvenir of Malang district. The method
used in this research is descriptive qualitative by conducting interviews and field
observations, the research objects of this study are three people related to Malang
district tourism and one is the owner of the Stik Susu PUK ID Bunda Ani. This study
indicates that stik susu can be a local souvenir of the Malang district, but it is
necessary to introduce the product optimally. This can be seen from the results of
interviews with informants and can draw some conclusion in the form of marketing
strategies of stik susu as local food souvenirs of Malang district, namely by
participating in exhibitions held by local governments, forming product characters,
optimizing online marketing, developing products as souvenirs and do the product
branding. | en_US |
| dc.description.abstract | Industri pariwisata merupakan salah satu faktor utama pertumbuhan ekonomi
masyarakat. Bisnis kuliner dapat dijadikan peluang pengenalan produk hasil
komoditas daerah. Maka dari itu, dibutuhkan cara efektif untuk mengenalkan
produk hasil komoditas daerah kepada wisatawan kemudian dapat dijadikan
sebagai oleh-oleh. Kabupaten Malang memiliki daya tarik wisata dan hasil
komoditas yang melimpah, namun hal itu tidak sejalan dengan stik susu yang
menjadi salah satu hasil komoditas andalan dari Kabupaten Malang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran stik susu sebagai oleh-oleh khas
Kabupaten Malang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif dengan melakukan wawancara dan observasi lapangan, obyek penelitian
dari penelitian ini adalah tiga orang yang berhubungan dengan pariwisata
Kabupaten Malang dan satu orang pemilik Stik Susu PUK ID Bunda Ani. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa stik susu berpotensi sebagai oleh-oleh khas
Kabupaten Malang namun perlu melakukan pengenalan produk secara optimal. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara dengan informan dan dapat ditarik
beberapa kesimpulan berupa strategi pemasaran stik susu sebagai oleh-oleh khas
Kabupaten Malang yaitu dengan cara mengikuti pameran yang diadakan oleh
pemerintah daerah, membentuk karakter produk, optimalisasi pemasaran secara
online, pengembangan produk sebagai oleh-oleh serta melakukan branding produk. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Bisnis Kuliner | en_US |
| dc.subject | Kabupaten Malang | en_US |
| dc.subject | Stik Susu | en_US |
| dc.subject | Strategi Pemasaran | en_US |
| dc.title | STRATEGI PEMASARAN STIK SUSU SEBAGAI OLEH OLEH KHAS KABUPATEN MALANG | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0712037903 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 40217068 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | AGOES TINUS LIS INDRIANTO | |