EFEKTIVITAS PROMOSI ONLINE TERHADAP PENJUALAN KAKKK AYAM GEPREK DI SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas promosi online
terhadap penjualan Kakkk Ayam Geprek di Surabaya. Objek dalam penelitian ini
adalah Kakkk Ayam Geprek di Surabaya. Subjek penelitian yang dipilih sebagai
informan adalah konsumen, pegawai dan pemilik Kakkk Ayam Geprek. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara. Penentuan
tersebut didasarkan pada lima aspek bauran promosi yaitu periklanan, penjualan
perorangan, promosi penjualan, publisitas, serta direct and digital marketing.
Indikator dalam mengukur efektivitas bauran promosi tersebut menggunakan
metode AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). Hasil penelitian
berdasarkan indikator menunjukan bahwa promosi online yang telah dilakukan oleh
Kakkk Ayam Geprek berhasil menarik minat konsumen di Kota Surabaya. Hal ini
dikarenakan promosi online yang menarik, aktif dalam kampanye yang dilakukan
oleh platform layanan makanan pesan antar, menu yang variatif dan kualitas yang
terjaga dengan baik. Kakkk Ayam Geprek sebagai pelopor ayam geprek di
Surabaya yang terus eksis dan berinovasi hingga hari ini.
