PENERIMAAN PASAR TERHADAP TAHU DENGAN PENAMBAHAN KACANG MERAH UNTUK PRODUK TAHU WALIK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerimaan pasar
terhadap produk tahu walik. Penelitian dilakukan di Surabaya dengan
menggunakan data primer dan sekunder serta subjek penelitian sebanyak tiga
informan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan aspek
orientasi teoritik dan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini juga
bersifat pengembangan dari penelitian sebelumnya. Teknik penjaringan data yang
digunakan adalah simple random sampling. Data akan diuji keabsahannya dengan
menggunakan metode triangulasi sumber data yang dilakukan melalui wawancara
dengan informan dan teori yang digunakan pada penelitian ini. Untuk mengetahui
penerimaan pasar terdapat lima tahapan yaitu kesadaran, di mana konsumen dapat
mengingat merek produk yang ditawarkan saat ditanyakan mengenai kategori
produk tersebut, kemudian minat, di mana konsumen memiliki pengetahuan
mengenai produk yang ditawarkan dan mengingat detail mengenai produk tersebut,
selanjutnya evaluasi, di mana konsumen memiliki opini atau penilaian tentang
produk yang ditawarkan, lalu percobaan, di mana konsumen menunjukkan
kemauannya untuk mencoba model inovasi dari produk yang ditawarkan, dan tahap
terakhir merupakan penerimaan itu sendiri yang di mana customer bisa
memutuskan untuk mencoba dan melakukan pembelian kedua dan seterusnya. Pada
tahap penerimaan ini customer memiliki nilai lebih tersendiri mengenai produk
inovasi yang dianggap lebih bermanfaat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
tahu walik kacang merah dapat diterima oleh masyarakat.
