PENGARUH MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP PENJUALAN PRODUK CIAK SEK SURABAYA DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari marketing melalui Instagram terhadap penjualan produk Ciak Sek Surabaya dengan brand awareness sebagai variabel Intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metodek PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model). Terdapat empat hipotesis dalam penelitian ini dan dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikemas dalam bentuk Google Form. Dari hasil penyebaran kuesioner, terkumpul sebanyak sampel yang merupakan konsumen Ciak Sek Surabaya, dengan kriteria responden pernah melalukan pembelian minimal satu kali dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, berusia minimal 17 tahun, dan memiliki akun sosial media Instagram. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel marketing berpengaruh positif signifikan terhadap variabel brand awareness dan variabel penjualan, lalu ditemukan juga bahwa variabel brand awareness berpengaruh negative, dan tidak signifikan terhadap variabel penjualan, dan variabel brand awareness tidak memediasi hubungan antara variabel marketing terhadap variabel penjualan.
