PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA WARUNG BU HAJI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran business model canvas
dengan memberikan gambaran model bisnis yang menggunakan sembilan blok
dan Analisis SWOT untuk membuat keputusan strategis. Dengan menggunakan
business model canvas, dapat memberikan strategi alternatif untuk
mengembangkan bisnis itu sendiri. Warung Bu Haji Gresik adalah depot cabang
kedua yang menawarkan konsep masakan Betawi dengan harga yang sangat
terjangkau. Dalam penerapannya, terdapat beberapa potret bisnis yang sudah
sesuai dan beberapa memerlukan alternatif model bisnis yang tepat. Target pasar
dari Warung Bu Haji adalah pegawai, kantoran, mahasiswa, PNS dan polisi.
Penelitian ini menggunakan strategi deskriptif secara teknik menggunakan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga sebuah
bisnis dapat dibantu untuk mengetahui pelanggan yang potensial apa yang akan
datang ke bisnis tersebut. Triangulasi sumber digunakan sebagai penjaringan data
yang berasal dari owner, waiter dan pelangggan. Data hasil wawancara direduksi
dan dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan.
