HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DI KIDS SOUVENIR
Abstract
HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PRODUKSI DAN
DISTRIBUSI DI KIDS SOUVENIR
Pemerintah Indonesia ramaikan pasar souvenir wisata untuk kunjungan turis
domestik, dalam sektor pariwisata mendorong banyak stakeholder yang
berkepentingan di sektor pariwisata guna mendukungnya souvenir wisata berdesain
menarik untuk dibawa sebagai oleh-oleh turis mancanegara. Kebutuhan souvenir di
Indonesia sebagai wujud kenang-kenangan atau tanda terima kasih suatu acara. Kids
Souvenir adalah bisnis yang bergerak di bidang souvenir ulang tahun sejak tahun
2015 yang berlokasi di Surabaya, melayani banyak jenis souvenir yang cocok
digunakan untuk menciptakan dan mengkreasikan momen-momen berharga.
Penelitian dengan judul “Hambatan Komunikasi Dalam Proses Produksi Dan
Distribusi Di Kids Souvenir”, memiliki rumusan masalah bagaimana hambatan
komunikasi antar karyawan yang terjadi dalam proses produksi dan distribusi di Kids
Souvenir dan saat ini penyampaian komunikasi dalam proses produksi di Kids
Souvenir antar karyawan kurang tepat sehingga menghambat proses produksi
souvenir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hambatan
komunikasi dalam proses produksi dan distribusi di Kids Souvenir. Hasil penelitian
ini karyawan Kids Souvenir mengalami overload informasi banyaknya pekerjaan
dalam proses produksi yang harus diselesaikan sehingga lalai dan menyepelehkan
penyampaian pesan. Dalam mewujudkan komunikasi Chief Executive Officer dan
karyawan Kids Souvenir menciptakan keterbukaan (openness) sebagai landasan
utama untuk mencapai tujuan bersama dalam proses produksi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan data
wawancara terstruktur.
